HIMSOS UMRAH hadiri Kongres Nasional IV HIMASOGI di Padang

TANJUNGPINANG. (11/04/2016) – Himpunan Mahasi

IMG_20160403_225007
Logo kegiatan Kongres Nasional IV Himasogi Indonesia

swa Sosiologi (HIMSOS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) baru saja selesai mengikuti kegiatan Kongres Nasional IV Himpunan Mahasiswa Sosiologi Se- Indonesia (HIMASOGI) yang berlangsung di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Delegasi Himsos Umrah terdiri dari M. Yusuf Arrahman (Ketua Himsos Umrah), Beres LumbanTobing (Sekjen Himsos Umrah), Winda Gustika (Wakil Sekjen Himsos Umrah ) dan R. Rezki ( Ketua Himsos Umrah Demisioner). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3-6 April 2016 yang bertempat di Convention Hall Universitas Andalas dan  Bunda Hotel Kota Padang.

Kegiatan kongres ini dihadiri delegasi dari 13 Perguruan Tinggi, yakni Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), STISIPOL RAJA HAJI Tanjungpinang, Universitas Tadulako Palu (UNTAD), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Lampung (UNILA), Universitas Udayana Bali (UNUD), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN SYAHID), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), UIN Alaudin Makasar (UINAM), Universitas Riau (UR) serta  tuan rumah STKIP PGRI SUMBAR, Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (UNAND).

Kegiatan Kongres Himasogi ini di buka oleh Walikota Padang bapak H. Mahyeldi Asharullah, SP dihadiri oleh seluruh jajaran dan pimpinan perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah kegiatan ini yang ada di Sumatera Barat di Palanta Walikota Padang. Agenda kegiatan kongres himasogi di awali  dengan jamuan makan malam oleh Walikota Padang, Seminar Nasional, Sidang Kongres, Field Trip keliling SUMBAR serta penutup pada akhir kegiatan di bunda hotel Padang. Kongres kali ini yang berlangsung di Kota Padang merupakan agenda lanjutan dari HIMSOS UMRAH ikut berpartisipasi dalam kongres Himasogi Indonesia. Yang mana pertemuan sebelumnya selalu berakhir dengan deadlock dalam prosesnya sehingga menimbulkan kevakuman. Oleh sebab itu HIMSOS UMRAH merasa sangat perlu berperan dan memberikan kontribusi bersama perguruan tinggi lainnya di level nasional dalam membentuk Himasogi dalam Kongres Nasional IV ini.

IMG_20160410_202611
Logo HIMASOGI Se- IINDONESIA

Kongres Nasional  IV Himasogi akhirnya berjalan dengan lancar yang telah berhasil membentuk dan menetapkan AD/ART, GBHO, Presedium Nasional dari masing-masing wilayah serta penunjukan tuan rumah kongres himasogi selanjutnya. Dari hasil musyawarah mufakat dari tiap-tiap masing wilayah, terpilih  Hanafi Saputra  (UNP) sebagai Presedium Nasional Korwil I Sumatera, Arif Rofiuddin (UIN Syarif Hidayatullah) sebagai Presedium Nasional Korwil II Jawa,Bali dan Nusa tenggara serta Firman Latief (UIN Alaudin Makasar) sebagai Presedium Nasional Korwil IV Sulawesi. Dari ketiga presedium nasional tersebut bertanggungjawab kepada korwilnya masing-masing dalam melaksanakan agenda lainnya seperti muswil di tiap wilayah  dan berkoordinasi kepada wilayah yang belum ada Presedium Nasionalnya (Korwil III Kalimantan & Korwil V Maluku, Papua) sebelum Kongres selanjutnya yang akan di adakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun depan. Agar Himasogi dapat menjadi wadah aspirasi dan aplikasi bagi Himpunan mahasiswa sosiologi di seluruh Indonesia dalam menjaga eksistensi jurusan sosiologi,sehingga dapat bermuara memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait permasalahan serta fenomena sosial yang ada daerah dan di Indonesia. (rr)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 thoughts on “HIMSOS UMRAH hadiri Kongres Nasional IV HIMASOGI di Padang”